Our Blogger Templates Web Design

Selamat datang, saya sangat mengharapkan komentar atau saran dari Reader, semoga menemukan banyak manfaat dari Blog ini

About This Blog

;)
RSS

Ini Dampak Asteroid YU55 Jika Menabrak Bumi

TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebuah asteroid seukuran kapal besar melayang melewati bumi pada pukul 06.28 waktu Amerika pesisir barat, Selasa, 8 November 2011. Asteroid itu menghilang pada sekitar 202.000 mil dari Bumi, lebih dekat dibanding bulan. Bagaimana jika asteroid itu membentur bumi?

Seorang ilmuwan atmosfer di Purdue, Jay Melosh, telah menciptakan sebuah benda kecil (Impact Calculator) untuk mendeteksi dampak dari asteroid besar menabrak Bumi.
 
Dari catatan tim Purdue, dampaknya akan dirasakan 60 mil dari tempat kejadian dan pengaruh panas dari bola api yang luas akan menyebabkan luka bakar. Getarannya bisa merobohkan cerobong asap dan gelombang ledakan akan menghancurkan jendela kaca.

Menurut tim itu, asteroid bisa menghanguskan sebuah kota seukuran Chicago. Jika mendarat di laut, asteroid bisa menciptakan gelombang tsunami setinggi 60 kaki.

Untungnya, asteroid yang mendekati bumi kemarin ukurannya lebih kecil. Asteroid tersebut tidak berbahaya walau menyentuh titik 2.028 mil dari bumi.

NASA telah melacak benda-benda di sekitar bumi yang memiliki diameter lebih dari enam dan sepuluh mil yang sangat membahayakan Bumi. NASA mengklaim telah menemukan lebih dari 90 persen asteroid jenis itu dan mereka dapat melayang cukup cepat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Laman

Pengikut

About Me

keindahan hidup
love......love
Lihat profil lengkapku